Selamat Datang

Selamat Datang

Selasa, 19 Februari 2013

Contoh LKS Biologi


Lembar Kegiatan Siswa
(Membuktikan Cara Kerja Paru-Paru dengan Alat Peraga)
A.  Pendahuluan
Sistem Organ merupakan bentuk kerjasama antar organ untuk melakukan fungsi - fungsi yang lebih kompleks lagi sehingga proses yang berlangsung didalam tubuh suatu organisme dapat berjalan dengan baik sesuai aktivitas hidup organisme yang bersangkutan. Dalam melaksanakan kerja sama ini, setiap organ tidak bekerja sendiri-sendiri, melainkan organ - organ saling bergantung dan saling mempengaruhi satu sama lainnya. Contoh sistem organ pada hewan dan manusia antara lain sistem pernapasan, sistem pencernaan, sistem gerak, sistem reproduksi dan sebagainya.
Sistem pernapasan atau sistem respirasi adalah sistem organ yang digunakan untuk pertukaran gas. Alat-alat pernapasan berfungsi memasukkan udara yang mengandung oksigen dan mengeluarkan udara yang mengandung karbon dioksida dan uap air.
Tujuan proses pernapasan yaitu untuk memperoleh energi. Pada peristiwa bernapas terjadi pelepasan energi. Sistem Pernapasan pada Manusia terdiri atas :  Hidung, Faring, Trakea, bronkus, bronkiouls dan  paru-paru.
Organ paru-paru memiliki cara kerja tersendiri di bandingkan organ lain. Paru-paru berfungsi sebagai penyuplai oksigen bagi tubuh kita, dan ia bekerja secara otomatis. Ketika tubuh bekerja keras, paru-paru akan bekerja lebih cepat. Sebaliknya, ketika tubuh dalam keadaan santai, paru-paru juga bekerja dengan lebih pelan.
Manusia menghirup udara untuk mendapatkan oksigen, namun tidak semua udara yang dihirup dapat digunakan oleh tubuh, karena udara tercampur dengan berbagai jenis gas. Pada waktu kita bernapas, paru-paru menarik udara dari ruang tenggorokan. Saat dihembuskan, rangka tulang rusuk tertarik ke arah dalam, dan diafragma di bawah tulang rusuk bergerak ke atas. Ketika paru-paru mengecil, udara yang ada di dalam kantung udara sedikit demi sedikit terdorong ke luar melalui batang tenggorokan
Sistem pernapasan merupakan salah satu materi dalam mata pelajaran IPA yang harus diberikan kepada siswa SD. Salah satunya mengenai cara kerja paru-paru ketika  proses  pernapasan berlangsungt. Agar anak mempunyai gambaran secara konkrit pada pembelajaran ini maka selain pemberian materi secara lisan dan tulisan akan lebih baik anak melakukan eksperimen sehingga pemahamannya pemahamannya lebih mendalam. Melalui kegiatan yang menyenangkan, peserta didik akan lebih tertarik dalam melakukan kegiatan belar mengajar dan tidak cepat merasa boasan.

B.  Tujuan
·      Memahami bagaimana pernapasan pada manusia
·      Memahami bagaimana cara kerja paru-paru ketika proses pernapasan berlangsung
·      Dapat menjelaskan cara kerja paru-paru

C.  Alat dan Bahan
o   Torso
o   Gambar alat pernapasan pada manusia
Alat dan bahan eksperimen :
1.      botol plastik,
2.      balon karet,
3.      bolpoin bekas,
4.      karet gelang,
5.      pisau silet, dan
6.      sumbat gabus

D.  Langkah Kegiatan
  • Sebelum memulai kegiatan, guru memeriksa kesiapan belajar seluruh peserta didik
  • Guru melakukan apersepsi dengan memberikan pertanyaan mengenai pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang sedang dilakukan 
  • Memperlihatkan pada peserta didik gambar alat/saluran pernapasan pada manusia

  • Guru memberikan materi mengenai sistem pernapsan, alat-alat pernapasan pada manusia beserta fungsinya
  • Guru melakukan tanya jawab bersama siswa mengenai nama organ pernapasan yang ditunjukan oleh guru beserta fungsinya dengan alat peraga torso.
  • Setelah pemberian materi selesai, peserta didik dibagi kedalam bebrapa kelompok, kemudian setiap kelompok diberikan tugas untuk melakukan ekperimen untuk mengetahui cara kerja paru-paru dengan langkag sebagai berikut :
1.      Sediakan botol plastik, balon karet, bolpoin bekas, karet gelang, pisau silet, dan sumbat gabus!
2.      Potonglah botol plastik menjadi dua bagian!
3.      Potonglah bagian ujung dan pangkal bolpoin plastik sehingga terbentuk pipa plastik!
4.      Masukkan pipa plastik tersebut ke salah satu balon (balon A)! Ikat dengan karet gelang!
5.      Masukkan pipa plastik (hasil langkah nomor 4) ke sumbat botol!
6.      Pasang sumbat botol pada mulut botol! Usahakan tidak terjadi kebocoran!
7.      Potonglah balon kedua (balon B) pada bagian bawahnya dan pasang di bagian bawah botol plastik!


8.      Sumbatlah bagian atas pipa plastik saat memasang balon B! Ikat dengan karet gelang!

 
Mengetahui cara kerja paru-paru
1.      Pegang botol dengan tangan kiri! Tariklah balon B dengan tangan kananmu! Apa yang terjadi pada balon A ketika balon B ditarik? Mengapa demikian?
2.      Lepaskan tarikan pada balon B! Amati yang terjadi pada balon A! Apa yang terjadi pada balon  A ketika tarikan balon B dilepaskan? Mengapa demikian?
3.      Buatlah kesimpulan tentang cara kerja paru-paru!
4.      Demonstrasikanlah model dan cara kerja paru-paru tersebut di kelas! Sambil berdemonstrasi, ceritakanlah cara kerjanya!
·      Setelah masing-masing kelompok selesai, perintahkan masing-masing perwakilan kelompok memaparkan hasil diskusinya didepan kelas.
·      Mengabil kesimpulan mengenai proses pembelajaran yang telah dilakukan.

A.  Pertanyaan Arahan
Pilihan Ganda
1.    Kita bernapas menghirup . . . .
a. oksigen                                               c. hemoglobin
b. karbon dioksida                                 d.uap air
Jawaban : a. Oksigen
2.    Ujung bronkiolus yang merupakan kantung berdinding tipis disebut . . . .
a. bronkus                                              c.alveolus
b. trakhea                                               d. batang tenggorok
Jawaban : c. alveolus
3.    Pertukaran udara pernapasan pada manusia berlangsung di dalam . . . .
a. bronkiolus                                          c. bronkus
b. alveolus                                              d. trachea
Jawaban : b. alveolus
4.      Pernyataan yang benar mengenai gambar di bawah ini adalah . . . .
a.       Udara keluar sehingga rongga dada mengembang.
b.      Udara masuk sehingga rongga dada mengempis.
c.       Diafragma mengendur sehingga udara masuk.
d.      Otot antartulang rusuk mengendur sehingga udara keluar.
Jawaban : a. udara keluar sehingga rongga dada mengembang
5.      Pada saat terjadi pertukaran udara pernapasan terjadi pula . . . .
a. oksigen diikat Hb untuk diedarkan ke seluruh sel tubuh
b .karbon dioksida diikat Hb untuk diedarkan ke seluruh tubuh
c. oksigen dilepaskan oleh Hb untuk dikeluarkan dari tubuh
d. karbon dioksida diikat oleh Hb untuk dikeluarkan dari tubuh
Jawaban : a. oksigen diikat Hb untuk diedarkan ke seluruh sel tubuh
Essay
1.    Pada manusia pernapasan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitupernapasan ... dan pernapasan ....
Jawaban : Pernapasan dada dan pernapasan perut
2.    Selaput yang membungkus paru-paru disebut?
Jawaban : Pleura
3.    Gelembung halus di dalam paru-paru tempat terjadinya pertukaran antara oksigen dan karbondioksida disebut?
Jawaban : Alveolus
4.    Jelaskan pengertian inspirasi dan ekspirasi!
Jawaban : Inspirasi adalah proses masuknya udara pernapasan ke dalam paru-paru. Ekspirasi adalah proses keluarnya karbondioksida dari paru-paru.
5.    Bagaimana cara kerja paru-paru
Paru-paru berfungsi sebagai penyuplai oksigen bagi tubuh kita, dan ia bekerja secara otomatis. Ketika tubuh bekerja keras, paru-paru akan bekerja lebih cepat. Sebaliknya, ketika tubuh dalam keadaan santai, paru-paru juga bekerja dengan lebih pelan. Pada waktu kita bernapas, paru-paru menarik udara dari ruang tenggorokan. Saat dihembuskan, rangka tulang rusuk tertarik ke arah dalam, dan diafragma di bawah tulang rusuk bergerak ke atas. Ketika paru-paru mengecil, udara yang ada di dalam kantung udara sedikit demi sedikit terdorong ke luar melalui batang tenggorokan.

B.  Kesimpulan
Alat-alat pernapasan berfungsi memasukkan udara yang mengandung oksigen dan mengeluarkan udara yang mengandung karbon dioksida dan uap air. Sistem Pernapasan pada Manusia terdiri atas :  Hidung, Faring, Trakea, bronkus, bronkiouls dan  paru-paru. Paru-paru berfungsi sebagai penyuplai oksigen bagi tubuh kita, dan ia bekerja secara otomatis. Ketika tubuh bekerja keras, paru-paru akan bekerja lebih cepat. Sebaliknya, ketika tubuh dalam keadaan santai, paru-paru juga bekerja dengan lebih pelan. Pada waktu kita bernapas, paru-paru menarik udara dari ruang tenggorokan. Saat dihembuskan, rangka tulang rusuk tertarik ke arah dalam, dan diafragma di bawah tulang rusuk bergerak ke atas. Ketika paru-paru mengecil, udara yang ada di dalam kantung udara sedikit demi sedikit terdorong ke luar melalui batang tenggorokan.
Daftar Pustaka
………..(2008). Sistem Pernapasan pada Manusia. [Online] Tersedia : http://gurungeblog.wordpress.com/2008/11/01/sistem-pernafasan-pada-manusia/( 23 Desember 2012)
Azmiyawati, Choiril. HAdi, Wigati dan Kusmawati, R. (2008). IPA Salingtemas untuk kelas V SD/MI. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Permathic. (2012). Cara Kerja dan Fungsi Paru-Paru Manusia. [Online] Tersedia : http://permathic.blogspot.com/2012/04/cara-kerja-dan-fungsi-paru-paru-manusia.html (23 Desember 2012)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar